Selasa, 11 Juni 2013

Pegembangan Media Pembelajaran



PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN

Sekolah / Madrasah              : MTs. NU Banat Kudus
Kelas / Semester                    : VIII / I
Mata pelajaran                      : Aqidah Akhlaq
Materi Pokok                         : Akhlaq terpuji kepada diri sendiri
Standar Kompetensi              : Menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri
Kompetensi Dasar                 :

  • Menjelaskan pengertian dan pentingnya tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukuur dan qana’ah
  • Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukuur dan qana’ah 
  • Menunjukkan nilai-nilai positif dari tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukuur dan qana’ah dalam fenomena kehidupan


Konsep Pengembangan Media Pembelajaran

Strategi  pemanfaatan media pembelajaran dalam pengembangan media pembelajaran:
1.    Persiapan sebelum menggunakan media
Di dalam pembelajaran mapel aqidah akhlaq, materi pokok “akhlak terpuji kepada diri sendiri” yang berisi tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukuur dan qana’ah. Konsepnya:
(Media pembelajaran yang cocok digunakan adalah media visual)
·   Menggunakan media by design yang sesuai dengan materi tersebut (media visual yakni Ms. Power Point)
·  Kelas dibagi menjadi 5 kelompok yang masing-masing beranggotakan 6 orang, kelompok (1) Tawakkal, (2) Ikhtiyar, (3) Sabar, (4) Syukur, dan (5) Qana’ah.
·      Guru memberi perintah pada tiap-tiap kelompok, untuk menunjuk ketua kelompok dan notulis.
·     Kemudian masing-masing kelompok tersebut diminta untuk menyimpulkan materi yang telah disediakan dan diajarkan melalui Ms. Power Point oleh Pendidik.
·      Selama menggunakan media, peserta didik diminta untuk mendengarkan dan memperhatikan dengan seksama dan maksimal.
2.    Kegiatan selama menggunakan media
Konsep media pembelajaran yang dapat digunakan sesuai dengan materi pokok “akhlak terpuji terhadap diri sendiri” (media visual (Ms. Power Point) :
·      Media Visual
Menggunakan aplikasi software Microsoft Power Point (PPT) = media by design
· Guru memberikan materi tersebut menggunakan PPT yang dibuat dan didesign sendiri untuk diajarkan kepada peserta didik untu membantu mempermudah pemahaman peserta didik terhadap materi tersebut.
· Guru memberikan tugas pada masing-masing kelompok sesuai dengan kelompok yang didapatkan untuk menyimpulkan materi selama media tersebut digunakan.
· Setelah selesai, Guru memberikan kesempatan untuk tanya jawab. Kemudian, setelah semua peserta didik faham, Guru bisa memberikan aba-aba untuk mengumpulkan tugas yang diberikan.
3.    Kegiatan tindak lanjut
Kegiatan ini dilakukan oleh semua pihak baik seorang guru, maupun siswa. Diadakan evaluasi terhadap keefiktifan menggunakan media visual (Ms. Power Point) dalam pembelajaran tersebut. Guru memberikan beberapa pertanyaan (tanya jawab) seputar kesulitan-kesulitan yang dialami siswa (apakah masih ada yang belum mengerti atau sudah jelas semua). Kemudian guru dapat memberikan soal latihan sesuai dengan materi akhlak terpuji terhadap diri sendiri, yakni Tawakkal, Ikhtiyar, Sabar, Syukur, Qana’ah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar