PENGEMBANGAN
MEDIA PEMBELAJARAN
Sekolah / Madrasah : MTs. NU Banat Kudus
Kelas / Semester : VIII / I
Mata
pelajaran : Aqidah Akhlaq
Materi
Pokok : Akhlaq
terpuji kepada diri sendiri
Standar Kompetensi : Menerapkan akhlak terpuji kepada
diri sendiri
Kompetensi Dasar :
- Menjelaskan pengertian dan pentingnya tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukuur dan qana’ah
- Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukuur dan qana’ah
- Menunjukkan nilai-nilai positif dari tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukuur dan qana’ah dalam fenomena kehidupan
Konsep Pengembangan Media Pembelajaran
Strategi
pemanfaatan media pembelajaran dalam pengembangan media pembelajaran:
1. Persiapan sebelum menggunakan media
Di dalam pembelajaran mapel aqidah akhlaq,
materi pokok “akhlak terpuji kepada diri sendiri” yang berisi tawakkal,
ikhtiyaar, shabar, syukuur dan qana’ah. Konsepnya:
(Media
pembelajaran yang cocok digunakan adalah media visual)
· Menggunakan
media by design yang sesuai dengan materi tersebut (media visual yakni Ms.
Power Point)
· Kelas
dibagi menjadi 5 kelompok yang masing-masing beranggotakan 6 orang, kelompok
(1) Tawakkal, (2) Ikhtiyar, (3) Sabar, (4) Syukur, dan (5) Qana’ah.
· Guru
memberi perintah pada tiap-tiap kelompok, untuk menunjuk ketua kelompok dan
notulis.
· Kemudian
masing-masing kelompok tersebut diminta untuk menyimpulkan materi yang telah
disediakan dan diajarkan melalui Ms. Power Point oleh Pendidik.
· Selama
menggunakan media, peserta didik diminta untuk mendengarkan dan memperhatikan dengan
seksama dan maksimal.
2. Kegiatan selama menggunakan media
Konsep media pembelajaran yang dapat
digunakan sesuai dengan materi pokok “akhlak terpuji terhadap diri sendiri” (media
visual (Ms. Power Point) :
·
Media Visual
Menggunakan
aplikasi software Microsoft Power Point (PPT) = media by design
· Guru
memberikan materi tersebut menggunakan PPT yang dibuat dan didesign sendiri
untuk diajarkan kepada peserta didik untu membantu mempermudah pemahaman
peserta didik terhadap materi tersebut.
· Guru
memberikan tugas pada masing-masing kelompok sesuai dengan kelompok yang
didapatkan untuk menyimpulkan materi selama media tersebut digunakan.
· Setelah
selesai, Guru memberikan kesempatan untuk tanya jawab. Kemudian, setelah semua
peserta didik faham, Guru bisa memberikan aba-aba untuk mengumpulkan tugas yang
diberikan.
3. Kegiatan tindak lanjut
Kegiatan ini dilakukan oleh semua pihak
baik seorang guru, maupun siswa. Diadakan evaluasi terhadap keefiktifan
menggunakan media visual (Ms. Power Point) dalam pembelajaran tersebut. Guru
memberikan beberapa pertanyaan (tanya jawab) seputar kesulitan-kesulitan yang
dialami siswa (apakah masih ada yang belum mengerti atau sudah jelas semua). Kemudian
guru dapat memberikan soal latihan sesuai dengan materi akhlak terpuji terhadap
diri sendiri, yakni Tawakkal, Ikhtiyar, Sabar, Syukur, Qana’ah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar